CATUR UNTUK KEHIDUPAN

4.5
Nggak tahu kenapa aku kangen nih, pengin nulis tentang Catur. Tapi tulisan kali ini dihubungkan embel embel kehidupan segala. Maksudnya apa tho....?
Gini lho kemarin waktu aku nulis tentang sedikit tentang catur buta yang koment kayaknya nggak begitu paham dengan catur...Kayak gini nih yang pada koment...:

MI'ing on 2009 April 4 02:20 mengatakan...

Mau catur buta kek, catur melek kek, aku nggak perduli......yang penting mantap bos
encus on 2009 April 4 02:23 mengatakan...

Wel, postingna pembukaan spanyol oh.....tapi sing artine separo nyolong.....
Risti on 2009 April 4 10:47 mengatakan...

aku ngga ngerti main catur buta. yang aku pernah jalanin kencan buta hehehe..

apa kabar cah cikrik?
LI on 2009 April 4 17:36 mengatakan...

sama sekali tidak mengerti catur diriku hueheheheh...nice posting..^^
tikno on 2009 April 7 03:18 mengatakan...

Wah... susah juga membayangkannya.
bunda azka on 2009 April 7 17:41 mengatakan...

ada2 aja...
catur buta segala



kayaknya rata2 rada nggak pada faham catur ya...? maka dari itu Aku nyoba nulis catur Untuk diterapkan di kehidupan sehari hari...Oiya ucap thanks dulu ya kepada yang udah koment, makasiiiiih.
Nah maksudnya catur untuk kehidupan adalah...Bercatur ternyata dapat memperkuat nilai kualitas pikiran yang bernilai tinggi, bukan sekedar mainin kayu atau plastik buah catur yang kayaknya iseng2 ajah.Pikiran yang bernilai kualitas tinggi dapat di perkuat dengan catur ini.Hidup ibarat catur, sering kita menghadapi lawan atau saingan dan perlu penanganan yang cepat dan brillian. Ringkasnya dengan bermain catur kita dapat memperoleh:
* Cermat, tepat dan teliti
bagi para pecatur tentu kecermatan, ketelitian, dan ketepatan dalam mengontrol 64 petak catur harus dilakukan, bagaimana melihat situasi kerjasama buah, kompak atau tidak. Bagaimana perkembangan buah lawan, sudah akan memberi ancaman atau tidak.Kemungkinan untuk mencegah langkah lawan yang berbahaya.
Nah di kehidupan kita, mau tidak mau ingin tidak ingin kita suatu saat dihadapkan seperti para pecatur ini. Langkah kebijaksanaan apa yang akan kita ambil untuk kemajuan hidup kita dsb, dsb.

*berhati hati
Bagi pecatur berhati hati tidak membuat langkah tergesa gesa wajib diwanti wantikan (iiih bahasa apa sih, hehehe) karena dicatur ada istilah MEKLAN (ngemek harus jalan, Kalo megang buah catur buah yang dipegang harus jalan) ada juga aturan buah yang sudah ditaruh tidak boleh digeser kepetak lainnya.
Nah untuk kehidupan kita, kita dituntut berhati hati dalam setiap mengambil keputusan2 hidup kita. Karena bila telah salah jalan hanya penyesalan yang didapatkan bukan...?
* Pandangan ke masa depan
bagi pecatur, setiap melangkahkan buah harus dipertimbangkan untuk langkah selanjutnya kedepan, pandang juga untung ruginya langkah2 tersebut.
Nah, untuk kehidupan kita tentu juga dan seyogyanya demikian bukan...? Selalu dan selalu mengevaluasi diri untuk hidup yang lebih baik tentunya.
* Tidak Cepat putus asa Ini yang penting untuk semuanya....Di catur kita belajar untuk tidak cepat putus asa atas kondisi jelek kita saat tertentu. biasakanlah untuk selalu mencari peluang2, tekun mencari jalan keluar saat tertekan. permainan catur juga kehidupan penuh pergolakan (ciiieh,), terdapat beragam titik balik di dalamnya. Seringkali setelah kita merenung, kita dapat lepas dari kesulitan2 kita. Asal tetap berusaha dengan keyakinan. tentu kesulitan2 kita dapat teratasi.

ehhhhhmmmmmmh kayaknya itu dulu deh, moga ajah bisa dipahami dan ada sedikit gunanya.
Amiiiiin


Cetak Halaman Ini

post signature


ali

CATUR UNTUK KEHIDUPAN dengan Url http://cah-cikrik.blogspot.com/2009/04/catur-untuk-kehidupan.html by ali. Terimakasih atas kunjungannya serta kesediaan untuk membacanya. Kritik dan saran dapat disampaikan melalui kotak komentar. Mohon maaf bila belum sempat berkunjung balik.

:: Get this widget ! ::

Blog Puisi...
Comments
29 Comments